Minggu, 17 Mei 2009

Tes dan Pengukuran Untuk Koordinasi Tubuh

Koordinasi adalah harmonisasi / keterhubungan fungsi antara beberapa elemen gerak. Misalnya koordinasi mata dan tangan.

Oleh : Ira Dewanti (076484217)

Nama Tes : Lempar tangkap Bola
Tujuan : Mengukur koordinasi mata-tangan. Kemampuan koordinasi mata-tangan diperlukan untuk cabang olahrag yang memiliki gerakan relative kompleks seperti tennis,bulu tangkis, dan softball.
Peralatan : Kapur atau pita untuk membuat garis. Sasaran berbentuk bulat,terbuat dari kertas atau karton yang berwarna kontras, dengan garis tengah 30 cm. pita pengukuran panjang 3 m dengan ketepatan 1 cm.
Prosedur : Sasaran ditempelkan pada tembok dengan bagian bawahnya sejajar dengan tinggi bahu testee yang melakukan. Buatlah garis di lantai dengan jarak 2,5 m dari tembok sasaran, menggunakan kapur atau pita. Testee diinstruksikan melempar bola dengan satu tangan kea rah sasaran dan berusaha mengakap dengan tangan yang sama. Bola dilempar dengan cara lemparan bawah, dan bola harus ditangkap sebelum jatuh. Lempar tangkap dinyatakan berhasil jika :
• Bola mengenai sasaran dan siswa dapat menangkap bola pantulan langsung dari sasaran.
• Bola ditangkap dengan satu tangan dengan tanpa bantuan anggota badan lainnya.
• Saat menangkap kaki tidak menginjak atau melebihi garis pembatas.
Lemparan dilakukan 10 kali pada tangan kanan dan 10 pada tangan kiri.
Penskoran : Lemparan yang mengenai sasaran dan ditangkap dengan baik mendapat skor 1. jumlahkan skor lempar tangkap yang berhasil. Kemungkinan skor tertinggi yang dicapai testee adalah 20 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar