Minggu, 17 Mei 2009

Mengapa doping muncul dalam dunia olah raga?

Mengapa doping muncul dalam dunia olah raga?

Oleh : M. Abidin

 Salah satu alasanya adalah sebagai penambah energi dan segala harapan yang diletakkan di dalam obat karena terdorong oleh berbagai hal ( seorang atlit untuk meraih sesuatu kemenangan yang mudah dan membuat supaya tenaga pada saat pertandingan tidak mudah terkuras).
 Kedua adalah bahwa seseorang tidak boleh meremehkan sifat – sifat obat itu sendiri. Penggunaan obat selalu diperluas dan dosis melampaui penggunaan farmakologis yang telah didasarkan tepat guna.
Sebagian dari obat memiliki sifat, walaupun tidak membuat ketagihan, karena penggunaan obat tersebut akan mengakibatkan terbiasa sehingga dosis harus selalu ditingkatkan. Itu merupakan salah satu penyebab bahaya obat. Begitu pula doping dalam olah raga juga berbahaya. Misalnya pencahar digunakan untuk mengurangi berat badan dan hypnose digunakan sebagai narkotik. Karena kegiatan olah raga melibatkan setiap fungsi fisiologis otot, saraf dan sistem respiratoris – cilculatoris, maka banyak jenis obat memungkinkan mendukung secara langsung dan tidak langsung perbaikan efisiensi dalam kegiatan olah raga. Karena seringnya ditemui kasus-kasus dan maraknya penggunaan obat-obatan perangsang oleh atlet dalam kejuaraan internasional, bahkan dalam event olympiade, maka doping dalam olahraga harus dilarang dan diperangi.Oleh karena itu, organisasi IOC (International Olympic Committee), memandangnya dengan sangat serius sehingga diselenggarakanlah "World Conference on Doping in Sport" di Lausanne, Swiss. Untuk itu, WADA terus melakukan langkah-langkah progresifnya seperti menyelenggarakan konferensi dunia tentang doping di dalam olahraga, pada tanggal 3-5 Maret 2003 di Copenhagen, Denmark yang diikuti oleh para atlet, para menteri dan pejabat tinggi pemerintah, organisasi antar pemerintah dan non pemerintah, international Olympic committee, international sport federation, national olympic committee, international paralympic committee, lembaga antidoping nasional, yang menghasilkan resolusi dan deklarasi tentang anti doping dalam olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar